Biaya Pembuatan Aplikasi Berdasarkan Kelas Perusahaan

Biaya Pembuatan Aplikasi Berdasarkan Kelas Perusahaan

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat suatu aplikasi, salah satunya adalah biaya. Sayangnya, tidak semua orang paham berapa besar biaya pembuatan aplikasi yang perlu disiapkan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan setiap pihak terhadap suatu aplikasi berbeda-beda.

Ada banyak cara untuk memudahkan Anda untuk tahu berapa besar biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat aplikasi android. Salah satunya adalah dengan melihat kelas atau kategori dari penyedia jasa pengembangan aplikasi sebagai berikut.

 

  • Kelas Istimewa

 

Perusahaan yang masuk kelas istimewa adalah perusahaan yang sudah berdiri lama dan memiliki rekam jejak yang bagus dan ekslusif. Perusahaan ini biasanya sudah memiliki namanya sendiri sehingga klien tidak ragu untuk memilih perusahaan pembuatan aplikasi ni.

Project yang dikerjakan minimal memiliki biaya pembuatan aplikasi sebesar Rp 125 jutaan. terdapat pelayanan tambahan sepert proposal yang dibuat oleh Head Sales Executive dengan tarif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena hal tersebut, produk yang dibuat oleh perusahaan kelas instomewa memiliki kualitas yang tinggi.

Biaya Pembuatan Aplikasi Berdasarkan Kelas Perusahaan
Biaya Pembuatan Aplikasi Berdasarkan Kelas Perusahaan

 

  • Kelas Sedang

 

Perusahaan kelas sedang memiliki karyawan sekitar 10-100 orang dengan biaya operasional yang tidak terlalu besar. Karena hal tersebut, biaya pengembangan akan lebih efisien dibandingkan dengan biaya dari perusahaan kelas istimewa.

Walaupun begitu, perusahaan yang masuk kelas sedang memiliki proses pengembangan yang tertata dengan baik. Ini karena perusahaan ini memiliki etika, pengalaman dan kualitas kerja yang baik. Sehingga, biaya pembuatan aplikasi juga akan lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya dari kelas istimewa.

 

  • Kelas Kecil

 

Perusahaan ini disebut juga dengan perusahaan butik karena hanya memiliki sekitar 2-3 karyawan tetap. Untuk biaya pengembangannya, perusahaan kelas kecil memiliki biaya sekitar Rp 100 ribu per hari. Namun, biaya tersebut berbeda-beda sesuai dengan ketentuan perusahaan itu sendiri dan jenis aplikasi yang dibuat.

Sayangnya, perusahaan kelas kecil masih belum memiliki manajemen yang kuat. Karena hal tersebut, perusahaan kelas kecil lebih cocok untuk mengerjakan proyek kickstarter dan UKM.

 

  • Kelas Independen

 

Pihak yang masuk di kelas independen adalah para freelancer atau pekerja lepas. Bisa jadi pekerja tersebut benar-benar full pekerja lepas atau seorang freelancer yang mencari pendapatan tambahan.

Biaya pembuatan biasanya dihitung per jam sekitar Rp 100-800 ribu per jamnya. Namun, biaya tersebut tentu bisa saja berubah karena pertimbangan tertentu.

Besar sedikitnya fee atau rate card dari para freelancer tergantung juga dari project apa saja yang dibuat, pengalaman, biaya hidup dan kebutuhan yang lainnya. Untuk etos kerjanya, semakin lama pengalaman yang dimiliki, maka etos profesionalitasnya akan semakin besar.

Itulah beberapa rate card ataupun biaya pembuatan aplikasi sesuai dengan kelas perusahaan pembuat apps. Dengan informasi ini, semoga bisa membantu Anda mempersiapkan biaya untuk membuat aplikasi sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan Anda.