cara membuat website responsive termudah

Cara Membuat Website Responsive Termudah

Sekarang ini website menjadi salah satu hal yang paling penting, terutama di jaman yang serba digital ini. Website dijadikan sebagai salah satu platform yang digunakan untuk berbisnis dan untuk kepentingan lainnya. Sebagai pemilik website maka tentu saja kita menginginkan supaya website kita jadi lebih responsive. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana cara membuat website responsive dengan mudah dan cepat. Bagaimana? Simak tips pentingnya di bawah ini!

  1. Mendefinisikan meta tag untuk desain yang responsive

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika anda ingin membuat website yang responsive adalah anda harus terlebih dulu mendefinisikan meta tag. Biasanya mobile browser akan mengatur skala halaman HTML sesuai dengan lebar viewport, sehingga nantinya website tampil sesuai dengan layar mobile. Anda bisa menggunakan tag meta viewport untuk mereset ulang meta tag anda sehingga bisa membuat website anda menjadi lebih responsive.

  1. Menentukan struktur HTML

Cara membuat website responsive yang kedua setelah anda mendefinisikan meta tag adalah menentukan struktur HTML. Biasanya struktur HTML website terdiri dari beberapa bagian yaitu header, content, sidebar, dan juga ada footer. Buatlah semua komponen itu sesuai dengan kebutuhan anda sebagai pemilik website sehingga nantinya website anda menjadi responsive. Untuk ukuran header sendiri anda bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan anda, kami sarankan jangan terlalu sempit namun juga jangan terlalu lebar. Selain itu untuk bagian content maka anda bisa menggunakan lebar 660 pixel dan untuk sidebar optimalnya adalah 300 pixel, sehingga untuk keseluruhan lebarnya adalah 960 pixel.

  1. Membuat media query di CSS

Cara membuat website responsive yang ketiga adalah anda harus membuat media query untuk memerintahkan browser. Anda bisa menggunakan CSS, yaitu CSS3 yang sudah memiliki kemampuan yang tinggi dan terbilang canggih. Kita seolah bisa menggunakan kondisi (IF) seperti layaknya pada pemrograman PHP dan JS. Namun disini, CSS3 hanya akan memberitahukan kondisi bagaimana browser harus melakukan rendering halaman untuk bagian viewport yang lebarnya telah anda atur menggunKn CSS. Untuk menemukan kode-kode khusus dari CSS maka anda bisa mencarinya di internet. Pada bagian ini anda juga bisa mengatur lebar komponen-komponen tertentu sehingga membuat website anda menjadi lebih responsive lagi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana caranya untuk membuat website anda menjadi lebih responsive. Ketika website milik anda menjadi responsive, maka itu tentu saja akan menguntungkan anda karena bisa mengundang banyak pengunjung website anda. Tampilan website anda menjadi lebih rapi dan enak dilihat selain itu juga akan lebih mudah untuk diakses ke perangkat apapun walaupun menggunakan resolusi yang berbeda. Sudahkah website anda responsive?