Tips dan Desain Rumah Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik

Tips dan Desain Rumah Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik

Untuk membangun rumah yang sehat, maka Anda tidak boleh melupakan penggunaan ventilasi. Fungsi dari ventilasi ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi udara agar ruangan tetap nyaman dan udara bersih. Lantas, seperti apa desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik?

Ada beberapa tips untuk desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

  • Pastikan Ukuran Jendela dan Ventilasi CUkup

Tidak sedikit orang yang hanya menggunakan lubang kecil di atas pintu atau jendela untuk sirkulasi udara. Padahal ruangan di rumah tersebut cukup besar. Alhasil, pengap dan udara yang ada di dalam ruangan menjadi terperangkap.

Lalu, seberapa banyak ventilasi yang harus dibuat di rumah? Anda setidaknya butuh 5% dari total luas lantai di ruangan. Anda juga bisa membuat ukuran ventilasi minimal 80-100 cm.

Ventilasi tersebut bisa berupa jendela bisa menggunakan jenis ventilasi jenis jalusi, roster atau bahkan model skylight.

Untuk jarak jendela dan langit-langit, setidaknya beri jarak sekitar 30 cm. Anda bisa juga menggunakan jendela besar untuk rumah Anda. namun, pastikan penggunaan kaca atau jendela tersebut tidak mengurangi keamanan di rumah Anda.

  • Ruangan Terhubung dengan Ruang Terbuka
Tips dan Desain Rumah Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik
Tips dan Desain Rumah Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik

Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, maka sebaiknya Anda memastikan bahwa ruangan di rumah Anda terhubung dengan ruang terbuka.

Artinya, ketika jendela atau pintu dibuka, Anda langsung menemukan area terbuka. Misalnya taman depan atau taman belakang.

Penataan ruang yang saling terhubung dengan ruangan yang ada di bagian luar akan mendukung cross ventilation. Agar ventilasi ini penerapannya maksimal, Anda perlu berkonsultasi lebih dahulu dengan jasa desain rumah online gratis yang kompeten.

  • Menggunakan Taman Indoor

Siapa bilang kalau membangun taman harus berada di luar rumah. Pasalnya, Anda bisa lho membuat taman indoor menggunakan tanaman ruangan.

Adanya taman indoor ini tak hanya membantu sirkulasi udara di ruangan menjadi lebih baik tapi juga membuat nuansa lebih segar. Apalagi, ketika Anda bekerja terus di dalam rumah, adanya taman bisa membantu menjernihkan pikiran Anda.

  • Memanfaatkan Pepohonan untuk Peneduh

Saat jendela atau pintu dibuka, tak jarang udara panas langsung masuk rumah sehingga hawa di dalam rumah terasa gerah. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pepohonan yang ditanam di depan atau belakang rumah.

Adanya pohon tersebut bisa membuat udara lebih sejuk dan lebih teduh. Namun, pilih jenis pohon yang sekiranya kuat dan tidak merusak bangunan ya. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih asri dan sirkulasi udara lebih baik.

Dengan trik tersebut, maka membuat desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik bukan lagi impian. Anda juga akan mendapatkan rumah yang sejuk dan nyaman untuk ditinggali.