Cara menggunakan Sony Vegas Pro 13 untuk pemula

Kebutuhan dalam mengedit video sudah menjadi hal utama yang dibutuhkan untuk beberapa orang, entah itu digunakan untuk bekerja atau untuk bersenang-senang saja. Namun, dalam mengedit video tidak dapat dilakukan sembarangan. Meski begitu, tidak ada orang yang dapat langsung menjadi handal dalam mengedit video. Mengedit video juga memiliki dasar-dasar yang perlu diperhatikan, jika anda ingin mengedit video menggunakan aplikasi Sony Vegas Pro 13 berikut ini adalah tutorial dasar yang akan saya berikan.

Namun sebelum menjelaskan langkahnya, saya akan memberikan sedikit ilmu tentang aplikasi edit vido yang satu ini. Sony Vegas Pro 13 merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi edit video yang dikategorikan kedalam aplikasi edit video yang terbaik. Aplikasi ini juga telah dilengkapi berbagai macam animasi serta fitur-fitur yang masih banyak lagi dalam menunjang keberhasilan mengedit video, dan berikut ini adalah cara-cara dasar dalam membuat credit title menggunakan aplikasi ini:

 

Membuat Credit Title sebagai Closing

  1. Pertama kita pilih media generator dan pilih Credit Roll
  2. Kemudian drag tampilan yang kita inginkan. Pada kali ini saya akan menggunakan tampilan Plain Scrolling on Black
  3. Pada jendela tampilan tersebut kita dapat mengedit format yang kita inginkan seperti menggunakan Title Text sebagai judul, subitem text sebagai sub judul, item left item right sebagai item yang dapat dipasang di kiri dan kanan.
  4. Pada menu properties kita dapat mengatur effect dan position sedangkan pada menu styles kita dapat mengatur format tulisan seperti Font, Size, Bold, Italic, rata kiri kanan dan tengah, space dan tracking.
  5. Untuk dapat membuat nya jadi lebih menarik kita dapat memasukkan sebuah video dan mengatur Event Pan/Crop. Dengan cara klik kanan pada credit title dan video yang telah kita buat dan pilih Event Pan/Crop.
  6. Pada menu Event Pan inilah yang dapat kita gunakan untuk mengatur posisi dan besar kecilnya video.
  7. Setelah itu, aturlah video menjadi sedikit lebih kecil dan letakkan pososonya di sebelah credit title lalu sesuaikan timingnya
  8. Setelah selesai semua langkah diatas, kita tinggal merender video dengan cara klik file pada menu bar dan pilihlan Render As. Lalu pilih format atau type file yang diinginkan dan tentuka lokasi penyimpanannya, dan tinggal klik Render dan tunggu sampai selesai.
  9. Biasanya, dalam render video ini memerlukan waktu yang lama tergantung dari format video apa yang diinginkan. Semakin tinggi format video yang diinginkan maka semakin lama juga waktu yang diperlukan dalam melakukan render ini.

 

Mudah bukan? Semakin sering berlatih, maka anda akan lebih handal dalam menggunakan aplikasi Sony Vegas Pro 13 ini. Demikianlah tutorial yang dapat knowledge blog bagikan dan semoga bermanfaat.