Langkah Melakukan Riset Kata Kunci Website dengan Tepat

Langkah Melakukan Riset Kata Kunci Website dengan Tepat

Melakukan riset kata kunci website bisa menjadi hal melelahkan untuk si pemilik. Ketika akan membangun website, hal pertama kali yang harus dilakukan ialah melakukan riset kata kunci. Dengan bermodal pada kata kunci atau keyword, Anda dapat melakukan pembuatan artikel dengan mudah.

Sayangnya, tidak semua pemilik web, lebih-lebih untuk pemula memahami cara melakukan riset keyword atau KW, bahkan banyak yang kurang memahami arti KW sebenarnya. KW sebenarnya merupakan frasa atau kalimat yang dipergunakan oleh pengguna internet ketika melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lain.

Sebagai mesin pencari, Google mempunyai data komprehensif yang berkaitan dengan KW dan digunakan oleh pengguna internet. Oleh sebab itu, Anda harus memanfaatkan hal tersebut agar dapat memperoleh traffic dari mesin pencari. Untuk dapat memperoleh hal tersebut, Anda harus memahami cara melakukan riset keyword.

Agar dapat mendapatkan keyword tepat, pada dasarnya tidak begitu sulit, bahkan Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk melakukannya. Anda dapat menggunakan tools gratisan seperti Google Keyword Planner. Namun, kita tidak bisa semerta-merta memasukannya. Berikut beberapa tips melakukan riset KW dengan tepat.

Ketahui Mengenai Jenis-jenis Keyword

Sebelum melakukan riset kata kunci website, Anda harus mengetahui jenis-jenis keyword terlebih dahylu. Para ahli digital marketing membaginya kedalam 4 jenis. Pertama adalah keyword yang memiliki tingkat persaingan tinggi dan sering digunakan oleh pemilik website. Kedua, keyword yang menjadi indikator informasi.

Ketiga, keyword yang menjadi indikator jika pembaca siap melakukan eksekusi. Contohnya, dalam toko online adalah “jual handphone bekas”, atau “beli handphone bekas”. Terakhir ialah keyword yang memiliki tingkat pencarian tinggi tetapi tidak memberikan manfaat yang berarti untuk pemilik website contohnya seperti keyword media sosial, “instagram”, “twitter”, atau lainnya.

Ketahui Jenis Kata Kunci yang Paling Tepat

Saat Anda sedang melakukan riset KW, sebenarnya tak perlu mencari satu demi satu. Anda bisa memperoleh keyword utama beserta dengan keyword turunan dengan cara yang tepat. Anda bisa mengkombinasikan keyword planner dan keywordtool.io. untuk keywordtool.io dapat digunakan untuk mencari keyword turunan.

Dengan menggunakan cara tersebut, Anda dapat memperoleh begitu banyak KW turunan dengan singkat. Anda bisa mengcopy kata kunci ke note pad kemudian gunakan KW planner untuk mengetahui seberapa sengit tingkat persaingan agar dapat memenangkan persaingan. Ketika melakukan riset kata kunci website jangan lupa merubah pengaturan negara dan bahasa.

Perhatikan Longtail Keyword

Ketika melakukan riset kata kunci atau KW, hindari hanya mengandalkan kata kunci bervolume, Anda juga harus mempertimbangkan seperti apa daya tahan penggunaan KW. Solusinya ialah menggunakan longtail KW. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh longtail KW ini.

Anda dapat menggunakan keywordtool.oi. kombinasikan keywordtool.io dengan pencarian terkait yang berada di Google. Selain itu, ada beberapa tools tambahan yang bisa digunakan untuk mencari KW seperti Ubersugest, SEMRush, Google Analystics dan masih banyak lagi. Anda dapat mengkombinasikan berbagai macam tools tersebut.

Selalu Analisis Tingkat Kesulitan Keyword

Pada dasarnya, setiap kata kunci mempunyai tingkat kesulitan berbeda-beda. Agar Anda dapat mendapatkan hasil dengan maksimal, pilih kata kunci yang memiliki angka pencarian tinggi namun kesulitan rendah. Untuk mencarinya, Anda dapat menggunakan tools TermExplorer. Dengan menggunakan cara ini, analisis bisa dilakukan dengan langkah sederhana.

Biasanya, kesalahan yang dilakukan oleh penulis artikel pemula ketika melakukan riset kata kunci ialah memilih kata kunci yang sepi peminat, karena ingin minim persaingan. Padahal, bagi mereka yang sudah berpengalaman, setelah melakukan riset kata kunci website, akan lebih memilih KW yang mempunyai tingkat pencarian tinggi, meskipun persaingan juga tinggi.

Sumber : https://artikel.co.id